Wednesday, September 01, 2010

semua. datang dan pergi

D3 Komunikasi FISIP UI Resmi Berakhir

by Nina Armando on Wednesday, September 1, 2010 at 6:31am 

Kemarin, 31 Agustus 2010, secara resmi berakhirlah Program D3Komunikasi FISIP UI. Tahun ini, Program berusia 13 tahun. Di tahun ini pula, Program  ini menghasilkan lulusan angkatan terakhirnya (angkatan 2007). Eksistensi Program ini selanjutnya berpindah ke ‘rumah’ baru bernama Program Vokasi UI.

Tentu saja ada rasa sedih, tetapi juga bahagia dan bersyukur karena selama kehadirannya dari tahun 1997 Program ini antara lain telah: (1) memberi manfaat yang sangat besar bagi Departemen, Fakultas, dan UI, (2) menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sangat baik dan membanggakan, (3) memiliki dosen-dosen luarbiasa yang tidak saja pandai dan kompeten, tetapi juga memiliki komitmen tinggi untuk mengajar & membimbing mahasiswa serta membantu perkembangan Program, (4) memiliki staf terampil, berdedikasi, penolong, dan profesional, (5) memiliki Sekretariat yang menyenangkan dan menjadi “rumah” bagi banyak orang.

Ketika saya mengurus Program mulai tahun 2000, kualitas-kualitas semacam itu sudah dimiliki oleh Program D3. Saya hanya berupaya menjaga kualitas-kualitas itu untuk tetap dimiliki D3, syukur-syukur bisa dinilai meningkat.

Saya menaruh D3 dalam tempat sangat istimewa dalam hati saya, dalam perjalanan hidup saya. Dengan segala suka-dukanya, keberadaan saya dalam Program ini menjadi salah satu episode terindah dalam hidup saya. Di sini saya  bekerja dengan menyenangkan, bertemu orang-orang baik dan hebat, dan merasa berarti karena insyaAllah Program ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua orang yang telah berkontribusi membuat Program D3 menjadi Program yang luarbiasa.

Dengan segala kerendahan hati, saya meminta maaf jika ada salah ucap dan langkah yang saya perbuat selama saya berada dalam Program.

Saya bersyukur kepada Allah SWT saya ditakdirkan bisa berada dalam Program ini.

Bagi saya pribadi, Program D3 Komunikasi FISIP UI tidak pernah berakhir. Ia akan terus abadi hidup dalam hati saya.

salam,

nina


Sedih.


Mungkin salah satu kata yang cocok buat ngegambarin perasaan saya saat baca tulisan ini. Ini emang bukan kali pertama saya mendengar kabar kabar bahwa D3 Kom akan segera ‘hilang’ dari strata kampus FISIP UI, tapi kenyataan bahwa hari itu akhirnya datang yang tiba-tiba bisa bikin saya merasa begitu kehilangan.


I must say, D3 KOM adalah salah satu bagian paling penting dari hidup saya. Yep. Waktu itu, kuliah di UI adalah satu-satunya opsi yang ada di kepala selepas lulus SMA.  Sebuah keinginan sederhana tapi hampir tidak mungkin bagi seorang  yang memiliki kemampuan akademis yang biasa biasa aja. Makanya ketika gagal di SPMB dan ujian masuk D3 di tahun pertama kelulusan, saya gak ragu buat mencoba sekali lagi di tahun berikutnya. Dan Yak. D3 KOM adalah satu titik pertama keberhasilan gue mencapai  apa yang orang bilang “mimpi”. Yes, people. Ini adalah “dream come true no.1” dalam sejarah kehidupan saya.  Dan sama seperti  menggapainya… menjalani  mimpi kemudian jadi hal yang paling menyenangkan dalam hidup.  Dan saya beruntung bisa menjalaninya selama 3 tahun di tempat ini.


Terimakasih buat siapapun yang membuat tempat ini menjadi nyata. Terimakasih karena sudah ngebukain pintu yang luar biasa luasnya buat saya dan mimpi-mimpi saya selanjutnya.


Hiks…

3 comments:

Riri Jundarso said...

di tempat ini saya belajar, apapun bisa saya raih kalau saya punya niat, usaha dan kerja keras
di tempat ini juga, saya menemukan sahabat-sahabat terbaik dalam hidup saya
dan di tempat ini lah, (seperti kata Mba Nina) episode terbaik dalam hidup saya terjadi :)

sep[tiany] utami dewi said...

d3KomUI: it feels like home...and yes, episode terindah alam hidup saya.. :D

sep[tiany] utami dewi said...

d3KomUI: it feels like home...and yes, episode terindah dalam hidup saya.. :D