Sunday, November 22, 2009

pre-dom of speech

Ola!


It's monday morning. Instead of going to work, i'm.... blogging. 


Mungkin karena baca baca twiitter kalo blogspot lagi di blocked sama pemerintah, yang kemudian menginspirasi gue buat nulis blog. Hahahhaa.. bukan dengan maksud bakal nulis protes  kenapa blogspot di blocked sama pemerintah sih.. cuma tiba-tiba jadi keinget aja kalo gue punya blog. Dan thanks God, blog gue ini di multiply, jadi gak perlu tuh yang namanya marah-marah di twitter karena blognya gak bisa di buka.  


Well, maybe blog.. since i accidentally brought that blog blocked issue.. mungkin ada baiknya sedikit merecap apa yang terjadi di luar sana yang kemudian mungkin.... menyebabkan pemblokiran ini terjadi. Yah, paling gak lumayan lah buat kenang-kenangan kalo ngebaca blog ini beberapa tahun lagi. 


Okay. Kemungkinan pertama. Menurut pengamatan sotoy sayah sebagai orang yang rutin nonton tv one ketika bangun pagi... semuanya ini berawal dari mencuatnya kasus kpk vs polri. Gak usah gue jelasin juga kali ya kasusnya gimana.. panjang, bokkk.. Tapi intinya, kasus ini bener-bener berkembang jaddi cukup complicated dan menyulut emosi massa. Termasuk gue sih. Padahal, awalnya gue juga gak gitu ngikutin ni kasus. Cuma sekedar lewat doang. Tapi.. sejak Bibit Samad Rianto & Chandra Hamzah (Ketua KPK) ditahan.. kasus ini jadi semakin menarik perhatian gue. Hingga kemudian rekaman penyadapan yang dilakukan kpk terhadap orang2 yang dianggap terkait sama kasus korupsi yang lagi digarap Bibit & Chandra diputerin secara LIVE di beberapa tv nasional. Okay. Sampe sini gue berasa shock segila-gilanya. Emanmg sih suap menyuap ato konspirasi kaya gini bukan lagi hal yang "awam" ditelinga yah.. secara ya bok, Indonesia gitu loh!? Tapi masalahnya inilah pertama kalinya gue mendengar secara langsung bagaimana proses suap menyuap itu berlangsung. Wow!



Yah kemudian kasus ini jadi tambah rame. Karena siaran langsung itu, akhirnya semakin rame orang ngomongin kasus ini dan perlahan lahan fakta fakta dibalik penahanan Om bibit & Mas chandra mulai kebuka. Gak tau deh mana yang bener, tapi banyak orang bilang sih.. kasus ini terkait sama konspirasi yang lebih besar hingga menyangkut orang-orang yang sangat penting di negeri ini. Fakta dan spekulasi ini kemudian beredar di internet. Puncaknya adalah beberapa hari yang lalu ketika orang-orang mulai nerima link blog yang menulis mengenai hal-hal tadi secara detail. 


Nah gara-gara itu deh, blog mungkin si blogspot.com itu di blocked sama pemerintah. Mungkin karena mengganggu stabilitas keamanan ato apalah gue gak ngerti. Tapi ya udah lah ya... kalo kita negara demokrasi bukannya harusnya yang seperti ini gak terjadi ya? Katanya negara menjamin kebebasan berpendapat...?! 


Hal lain nih blog, yang katanya bikin blogspot.com itu di blocked adalah karena penyebaran komik yang nampilin wajah nabi. Hmmm.. katanya sih di islam, gak boleh tuh yang namanya bikin gambar yang menyerupai nabi atau Tuhan. Nah yang bikin masalah adalah ada orang-orang kreatif di luar sana yang bikin komik yang ngegambarin mukanya Nabi Muhammad yang alhasil.. bikin ribut orang-orang Islam di seluruh dunia. Dan secara ya bok.. orang Islam di Indo rada sensitif sama hal beginian.. makanya mungkin blogspot.com yang nampilin komik nabi ini kemudian di blocked sama pemerintah. 


Hmmmfh.. Tau ah. Bingung gue. 


Kesimpulannya ya blog.. mungkin kalo karena alasan kedua gue gak gitu rebek nanggepinnya. tapi kalo karena alasan pertama.. Hmmf... gue  jadi meragukan apakah kebebasan berpendapat di negara ini sekarang masih bener-bener dijamin, ato cuma slogan doang? Well, for some reasons blog, Im worried. 


C u around, bloggy...

3 comments:

sep[tiany] utami dewi said...

blogspot masih bisa kebuka, me..barusan gue coba..hehehe...

Riri Jundarso said...

sedih, negara ini cuman bisa ngurusin yang kecil2 dan gak penting, giliran yang gede2 dan melibatkan hajat hidup orang banyak malah diumpetin :(

amelya oktavia said...

oya? mungkin beberapa provider doang kali sep.. kayak waktu jaman2nya film fitna...