Tuesday, May 10, 2011

the thing about ALay


Suatu hari saat kejebak macet sama si Gina, tiba-tiba gue kepikiran tentang alay.Akhirnya beberapa menit sepanjang macet itu gue ngoceh ke sana kemari ngomongin pandangan gue tentang kelompok yang dikasih label "alay" itu.


Pertama kali gue tau kata "alay" beberapa tahun lalu ketika lagi ngerjain Garuda di Dadaku. Saat itu, gue lagi ngobrol sambil cekikikan sama bocah-bocah lucu pendukung film itu, dan keluarlah sebuah istilah yang gue gak ngerti bernada A_LAY. Apa itu alay? ternyata itu adalah singkatan dari "Anak Layangan".


Well, speaking about "anak layangan"... kata kata itu merujuk ke golongan orang-orang yang secara "look" terlihat seperti orang yang terlalu banyak maen layangan di siang hari yang menyebabkan kulitnya terlihat gelap dan rambutnya coklat kemerahan.
Hmm.. kalo merujuk ke situ, bisa gue bilang kalo gue juga termasuk golongan tersebut. Kenapa? karena kulit gue gelap, dan rambut gue gak 100% hitam berkilau kaya cewe-cewe di iklan sampo. LOL :D


Yep. I am ALAY. Anak Layangan. Kebetulan waktu kecil hobi gue emang main layangan. Yah.. gak main sih... lebih tepatnya nontonin anak anak main layangan. Karena dalam pengalaman hidup gue masa itu, belum pernah sekalipun gue berhasil bikin layangan itu mengudara. Hiks. Sedih...


Oke. Kembali ke istilah Alay... tapi kalo cuma sekedar anak-anak maen layangan siang-siang.... apa anehnya coba? Kayaknya main layangan bukan hal yang salah atau memalukan. Kalo kulitnya gelap? Apa anehnya coba? Lah orang gen orang Indonesia emang gelap?! Trus kenapa kalo gelap? 


Ini sih yang gue gak ngerti sebenernya.


Oke. Mungkin yang dimaksud bukan "literally" anak yang maen layangan, atau anak berkulit gelap. Mungkin lebih merujuk sama gaya berpakaian mereka yang terlihat gak pantes diliat  sama beberapa kalangan. Tapi, sebenernya apa yang pantes?


Malah menurut gue.. anak anak yang di cap ALAY ini malah golongan orang-orang yang punya karakter yang BOLD dalam berbusana. Mereka sangat berani dalam mengekspresikan diri mereka lewat fashion. Coba deh lo pikir, blog. Berapa banyak orang di Indonesia yang kesehariannya make kemeja yang dikancingin di atasnya aja... trus celananya dilipit ampe nayris sedengkul, ato sengaja dibikin ngatung.. trus pake kaos kaki panjang nyaris sedengkul?! Berapa banyak orang yang berani berpakaian kaya gitu dan tetep pede jalan kaki di pinggir jalan...dan naek angkot?


Gitu lah, blog. Kapan-kapan kita lanjutkan pembicaraan tentang alay ini. Gotta go nih. Ada meeting di PIM dalam satu jam,dan gue masih nangkring di kantor.. -_-"


C u around!

No comments: