Tuesday, September 20, 2011

"Yaaaaah... mana Koreanya?"

Ola!

Berapa juta kali kah sudah gw mengeluh tentang Jakarta di sini, blog?! Gak keitung ya. Mungkin judul blognya mesti diganti. Bukan Lagi "The Rest Is Still Unwritten". Sesuatu kayak "Jakarta Suck" mungkin lebih cocok. Bisa juga buat jadi jawaban kalo orang nanya: "Kamu tinggal di Jakarta sebelah mana?" Gw bisa jawab: "Jakarta Sucklatan..." LOL #krik. #garing.


Okeh. Sudahlah kita hentikan kegaringan ini. Mari kembali ke keluh kesah hidup di Jakarta aja.


Malem minggu kemarin, selepas acara nonton bareng guru di Kineforum.. gue dan fitri memutuskan untuk menghabiskan waktu di Monas. Kenapa? Karena beberapa jam sebelumnya, gue sempet baca di timeline twitter kalo katanya hari ini ada festival Jepang Korea yang katanya lagi... bakalan ada makanan Korea dan jepang di sana. Seru kan, blog?!


Sesampenya di monas... keadaan rame banget. Kita pikir.. Wuih.. rame banget ni acara. Kemudian kita mulai memasuki area taman monas. Di situ ada kerumunan orang yang lagi nontonin aksi anak2 BMX yang lagi iseng ngetes kemampuan salah satu trik mereka: ngelompatin badan manusia. Keren! Beberapa kali gue melihat mereka berhasil ngelkuin trik itu dengan baik, dan berhasil juga dapet tepok tangan dari orang2 yang nonton.. Keren lah, blog! Tapi gue gak bisa lama-lama mengagumi anak2 BMX ini. Tujuan kami bukan nonton ini. Tapi  Festival Jepang & Korea. Kemudian berjalan kaki lah kami menuju sudut berbeda taman monas yang luas bener itu. Dari kejauhan gw dan Fitri melihat jejeran tenda kerucut warna putih. "Nah itu dia!", kami pikir. Hop! Hop! Bergegas kami menuju tu tenda.


Tapi... kemudian sesuatu sungguh mengganggu kegirangan kita terhadap tu tenda putih. Sayup-sayup kita mendengar alunan nada dan lagu yang berbunyi "Situmorang.... Situmorang..."


Yak. Ternyata tenda-tenda putih itu gak ngadain Festival Jepang-Korea. Tapi "Festival Monas" yang isinya booth dari daerah2 di Indonesia. #Eaaa moment banget nih.


Ternyata Acara ini diadakan oleh PEMDA DKI. Gw berhasil mengetahui identitas pembuat acara dari sebuah gambar familiar yang menghiasi sisi kanan panggung yang segede gaban itu. Yak. Gambar apa lagi kalo bukan gambar Gubernur kita yang mantan model dan jadi kebanggaan warga Kota itu? Dan seperti kebanyakan booth dan Acara yang diadakan PEMDA.... acara & booth yang ada di sini sungguh membosankan. Bahkan gue sempat mendengar omongan seorang anak kecil yang lagi complain ke orangtuanya "Yaaah.. mana Koreanya...".



Tapi ada yang menarik, blog. Di sini ada booth "Perwakilan Negara Sahabat'. Korea. NAH! Ini nih! Mungkin ini sumber kesalahan Informasi yang beredar di twitter! Ternyata juga.. di balik booth2 membosankan tadi.. ada juga kegiata segerombolan anak abg cewe yang lagi terhipnotis sama kencengnya trend band K-POP. Yak, mereka ngadain acara nonton bareng dvd Konser salah satu Band K-POP itu sambil teriak2an histeris yang gue tidak mengerti. LOL.




Satu hal yang mengganggu gue di sini sebenernya bukan sekedar gagal ngeliat festival KOREA-JEPANG, blog. Tapi Gimana kebudayaan bangsa kita menjadi terasa "asing" dan "membosankan" buat kita sendiri. Gw gak menyalahkan kebudayaannnya. Tapi Gimana caranya si penyelenggara mengemas kebudayaan itu untuk dipamerkan dan dipentaskan di ruang publik ini.. sungguh. Gak menarik. Apalagi ketika denger keluhan anak kecil tadi....


Miris bener rasanya....


No comments: