Tuesday, December 11, 2007

about writing

Menulis. Mas Aris bilang, kalo menulis itu penting. Hanung Bramantyo, bisa jadi sutradara sekuat itu karena dia menulis. Riri Riza, juga menulis.  Cesa David, bisa jadi editor yang punya sense of story telling yang kuat itu juga bisa nulis. Biasanya dia nulis komedi, makanya ketika dia ngedit film komedi, dapet bgt. Pao, our DOP, gambar-gambar yang dia buat bisa bercerita banyak tanpa harus dibantu sama narasi atau apapun. Dia bikin film pendek yang bener-bener mengandalkan bahasa gambar. Dan dia, juga menulis.

 

“Casting director? Harus bisa nulis juga?”  gitu gue nanya.

 

Jawabannya adalah “Iya. Harus!”.

 

 Kenapa? Karena menurutnya menulis adalah sebuah cara paling mudah untuk seseorang bisa mengeluarkan pikiran-pikirannya secara verbal (ini adalah susah buat gue lakuin,btw). Melalui tulisan lo bisa belajar untuk jadi sistematis. Kalo dalam profesi sebagai casting director, itu amat ngebantu lo dalam mengetahui kedalaman sebuah karakter.  Kalo dalam proses pembuatan scenario, ada yang namanya karakter internal dan karakter eksternal. Begitu lo mengerti keduanya, ini akan mempermudah lo mencari pemain yang tepat buat sebuah karakter. Kemudian dia mulai nerangin apa yang dimaksud karakter internal dan karakter eksternal itu…

 

Huh? Dulu waktu SD tiap selesai liburan, bu guru selalu nyuruh kita menulis tentang pengalaman kita sewaktu liburan. Dan gue selalu inget apa yang gue tulis waktu itu. Dan seinget gue, saat-saat menulis pengalaman liburan itu adalah hal yang palng menyenangkan. Karena, menurut gue apa yang gue alamin selama liburan itu adalah pengalaman yang ibu guru gue pasti gak ngerasain, and that makes me feel special. Gue bisa menceritakan pengalaman gue ke ibu guru sama temen-temen sekelas tanpa harus terkesan pamer ato menyombongkan diri karena gue mengalami liburan yang menyenangkan. Hauahahaha… ;p  Waktu ulangan umum mata pelajaran bahasa Indonesia, bagian yang gue kerjain pertama kali adalah bagian mengarang bebas. Karena menurut gue itu adalah bagian yang paling gampang. Dan itu, bikin nilai ulangan umum bahasa gue selalu bagus. Waktu kecil, gue juga nulis diary. Sampe sempet beberapa kali ganti buku diary. Mulai dari pengalaman gue masuk SD, jajan di kantin pak sum (guru sd gw yang jualan juga di sekolah), ikutan lomba bikin desain OO1 Indosat, surat surat nenek gue ke nyokap, abang gue yang selalu iseng,  sampe kejadian muka gue ditonjok sama temen maen gue di rumah. Semuanya gue tulis.

 

Waktu SMP, gue bawa buku harian gue ke sekolah. Disitu, gue menulis semua kejadian yang gue alamin waktu di sekolah. Termasuk “my frist crush”  yang kebetulan adalah temen sekelas gue. Yang paling menyebalkan dan menyesakkan hati adalah ketika buku gue itu somehow diambil sama guru yang menyebalkan (ngapain sih dia ngurusin masalah buku harian muridnya!??!) sebel banget, sampe sekarang. Dan dia… NGEBACAIN AJA LOH DI DEPAN KELAS. SHIT!!!! SHIT!!! SHIT!!!! I HATE THAT TEACHER FOREVER!!!  Since than, jadi males bgt nulis apapun, dimana pun, karena takut orang-orang tau semua rahasia gue. Ya udah. Dari situ gue gak pernah mau nulis lagi. I’m going to keep anything that ever happened in my life just  for myself. I’ll keep it in my own mind. Gue gak akan mau cerita apapun ke siapapun tentang rahasia gue. Even itu kedalam buku atau apapun. Menyebalkan.

 

Dan sekarang, 10 tahun kemudian gue harus mulai belajar nulis lagi. Hmm… That sucks! Hauhaha… 

 



7 comments:

lia aulia said...

huahahahaha....
jd semua posting2 lo di multiply ini hanya semata-mata terpaksa krn di haruskan untuk belajar menulis kembali y me??

ginatri noer said...

Hebat ya suami gue :D BTW, gw kadang bingung deh me, gw bisa sistematis dalam menulis tp susah banget mengutarakan dalam lisan... :(

farid rifai said...

bekas tonjokan nya mana me? hihihi

Karin Binanto said...

GANBATE!

amelya oktavia said...

enggak, li.. itu karena gue gak ada kerjaan . jadi buang2 waktu depan multiply. lol;p

lia aulia said...

huahahaha...
emgnya lo ud g jd dipekerjakan lagi sama hanung me??
kemabali lah ke kmps me..jgn hanya di lokasi suting aja..
hahahahaha...

Maddy Pertiwi said...

Huehehe problem kita sama sih,,, Tapi kalo gw lebih akut. Susah di tulisan, susah juga di lisan hehehe