Wednesday, December 23, 2009

this december: a bit about...


Ipoh. 


Satu dari tiga judul pertunjukan monolog  yang gue saksikan tadi malam di Taman Ismail Marzuki. Cerita tentang seorang perempuan tegar yang bernama 'Ipoh', janda beranak dua yang ketika remaja menjadi korban perkosaan pamannya. 



Tapi, bukan itu yang bikin gue excited ketika mendengar kata 'Ipoh'. Judul pementasan itu justru mengingatkan gue sama nama salah satu kota kecil yang juga bernama 'Ipoh'. Yah, walaupun kata si Ifa, 'Ipoh' itu adalah nama sebuah daerah di Aceh, tapi tetep persepsi awal yang keluar dari otak gue ketika mendengar kata 'Ipoh' tadi.. ya itu. Sebuah kota kecil. Di Malaysia. 



'Ipoh' emang jadi begitu melekat di otak gue belakangan, sejak beberapa waktu yang lalu berhasil 'marathon' nonton film-filmnya Yasmin Ahmad di Jiffest 2009. Gimana gak mau melekat kalo di hampir semua film itu mengambil setting di salah satu kota terindah di Malaysia ini. 


Weits. 


Did i say 'indah'?! Yep, blog! Mungkin lo agak kaget kenapa tiba-tiba gue memiliki 'desire' terhadap Malaysia. Hahaha.. Yak! itulah hebatnya Yasmin Ahmad. Cukup dengan nonton filmnya dia, pikiran negatif gue tentang Malaysia pun kian memudar. Bahkan, yang tadinya gue gak ada nafsu-nafsunya pergi ke Malaysia.. sekarang jadi mulai kepikiran buat sekali-kali travelling ke sana. Ke 'Ipoh' , pastinya.



Yasmin Ahmad emang jadi salah satu highlight bulan desember ini. Terlepas dari kenyataan bahwa dia udah gak ada lagi di dunia ini, film-filmnya toh masih bisa bikin banyak orang tersentuh, tanpa kecuali. Bahkan saking penuhnya audi tempat pemutaran film terakhirnya 'Talentime', seorang Riri Riza aja rela gak kebagian kursi dan memilih buat tetep nonton sambil duduk di tangga. Belom lagi deretan orang-orang yang nangis tiada henti macam si Gina. Atau orang-orang lainnya yang rela ngantri tiap hari buat ngedapetin tiket. Atau orang-orang yang nodong distributor Jive! buat ngeluarin DVDnya di indonesia. Atau orang-orang yang gak habis-habisnya posting twitter yang isinya muji-muji si Yasmin Ahmad ini.  It's just amazing! I Must say, then blog... dari sekian banyak film yang pernah gue tonton... film-film Yasmin Ahmad harus masuk kategori the best and the most powerful film that ever made. 


Akh!

Miss You, Yasmin!!!




Ps: Damn you, Ifa! For having a chance to know her better. In person! *iri*

2 comments:

sep[tiany] utami dewi said...

aku masih menantikan film2 yasmin ahmad dlm DVD huhuuh...

amelya oktavia said...

gue juag masih menantikan sep... pengen nonton lagi. gak cukup sekali :)