Saturday, March 20, 2010

Travel blog: Vietnam Day 3 part 1

March 3rd, 2010

Pagi-pagi banget gue n gina beranjak meninggalkan Ho Chi Minh menuju kota tujuan selanjutnya, Da Lat. Untuk menuju ke kota ini, kita harus menghabiskan waktu selama kurang lebih 7 jam perjalanan dengan bus. Untungnya bus yang kita tumpangi (Phuong Trang) sangat nyaman. Jauh banget beda sama bus antar kota di Indonesia. Di Vietnam, busnya lebih bagus, pelayanannya awak bus yang lebih memuaskan, lebih tepat waktu dan lebih murah. Bayangin aja, untuk perjalanan luar kota selama 7 jam dengan bus AC, kita cuma harus bayar $7 atau sekitar 70 ribu rupiah. Sedangkan di Indonesia kurang lebih kita harus menghabiskan minimal 100 ribu rupuah buat perjalanan sejenis ini. Bahkan busnya lebih jelek. LOL  Sedangkan bus yang kita tumpangi ini, supirnya terlihat sangat rapih dengan kemeja dan dasi, begitu juga dengan kenek bus yang juga sama rapihnya, ampe gak tega gue panggil kenek. Asisten mungkin lebih tepat. 

Perjalanan ke Da Lat  emang gak gitu banyak buat diceritain, karena pemandangannya pun gak jauh beda dari Indonesia. Hanya aja, saat ini terasa lebih kering di Vietnam karena mereka lagi ngalamin musim kemarau. Yang juga sedikit beda adalah kalo di indonesia banyaknya mesjid, di sepanjang jalan menuju Da Lat ada lumayan banyak chapel outdoor di beberapa titik. Juga  kontur tanah yang cukup unik. Beberapa kali gue ngeliat batuan gedeee banget segede rumah teronggok aja gitu di pinggir jalan. Aneh banget. Gue pikir itu buatan atau semacam monumen... tapi ternyata bukan. Itu adalah bagian dari lapisan luar tanah mereka. Ini baru gue sadarain setelah di beberapa titik, bus kami ngelewatin daerah longsor dan keliatan banget tuh batu-batuan segede gaban nongol gitu aja gak jauh dari lapisan paling atasnya. Gak heran juga kenapa tiba-tiba di ujung bukit ada batu gede teronggok gitu macam hiasan bulan sabit di kubah mesjid.  Bikin keliatan mistis. Sayang fotonya gak gitu jels jadi gak oke kayaknya kalo gue pajang di sini..ehhe.. maap.. 

Oya, satu lagi yang menarik adalah toilet di salah satu tempat pemberhentian bus yang mengharuskan pengunjungnya make sendal khusus kalo mau masuk. Toiletnya bersih.. dan GAK USAH BAYAR 1.000 perak. See... blog?! ini baru namanya pelayanan publik! 

Setelah 7 jam, kami akhirnya sampe juga di Da Lat. Kota ini seperti kota di balik bukit. Dan berbeda banget sama Ho Chi Minh, di sini sentuhan eropa sangat sangat terasa. Jalanan yang kecil dan bergelombak naik turun, dikelilingi oleh bangunan bertingkat di kanan dan kiri jalan. Biarpun gue belum pernah ke Eropa, tapi kira-kira beginilah. Mirip banget!

Sampai di perhentian bus, kami langsung diantar menuju hotel tempat kami menginap  (btw ini juga bagian dari pelayan bus). Gina sempet cranky gara-gara tasnya ketumpahan minyak tawon. LOL :D.  Oya, blog. Hotel tempat gue n Gina nginep namanya GOLD NIGHT. Harganya cukup murah sekitar $22. Kami mesen hotel ini melalui travel agent di Ho Chi Minh. Dan ternyata, kalo kita pesen hotel melalui travel agent harganya justru lebih murah. Karna harga aslinya per kamar di hotel ini malah $29. Lumayan lah save $7. Hotelnya cukup nyaman..tapi..... GAK ADA LIFT!!! YESS!!! Alhasil kita harus naik tangga 3 lantai. Mayan deh....

Sampe kamar, kita kembali agak terkejut karna tempat tidurnya.. lagi lagi gede banget. Kita pesen double bed buat dua orang eh dapetnya double bed tapi bisa muat bapak, ibu dan 3 anak. LOL :D Gede abis. Emang ternyata kamar ini emang buat keluarga. Ini terlihat dari sandal hotel yang bederet banyak bener di dalam kamar. Kamar mandinya malah menyenangkan. Ada bathtub, cuy. Ada wi fi juga di dalam kamar. Cukup menyenangkan lah buat hotel kurang dari 220 ribu rupiah semalem. NICE!

Sambil istirahat, gue kemudian punya ide brilian buat minum teh. Makanya langsung nyalain water heater yang disediain di kamar. Tapi, sebuah kecelakaan terjadi. Seketika gue nyalain tuh mesin pemanas air... listrik dalam kamar pun segera mati. Yak. Nampaknya korslet... Hehe... Lsngsung gue lapor ke petugas hotel yang terbata-bata bahasa inggrisnya itu. Cukup lama mereka merespon sampe akhirnya telfon kedua gue yang baru dimengerti sama mbak2 petugas lobby.  Salah satu petugas dateng ke kamar buat meriksa kerusakan. Dan ternyata... 2 lantai hotel itu listriknya ikutan mati gara-gara insiden tadi. Ups.... Hehehe...

Petugas kemudian meminta kami pindah ke lantai 4. Yess. Naik lagi, blog satu lantai. Berarti bertambah juga anak tangga yang harus kita naikin kalo mau ke kamar. LOL   pegeeel cuy! Huh! Emang dasar karma kayaknya bikin korslet listrik sehotel 

(to be continued)

2 comments:

sep[tiany] utami dewi said...

kpn yaa bisa ke vietnam..lumayan nih contekan hotel n tempat jalan2nya.. :)

amelya oktavia said...

@tiany stay tune for air asia promo ;)