Tuesday, July 17, 2007

suddenly i see

Belakangan, pelan-pelan... akhirnya gw baru mulai mengerti maksud tersurat dari istilah yang namanya  triangle system... Dari pengalaman beberapa lama ini ber-ribet ria di dunia film yang menyebalkan tapi menyenangkan ini, ada satu hal yang mengganggu pikiran gue. Adalah pernyataan  yang keluar dari mulut beberapa orang yang me-metafora-kan SUTRADARA ADALAH TUHAN. Huahahhaha;p

Menurut gue pernyataan ini sangat metafor.

Klo mau diumpamain... paling mentok, sutradara itu lebih mirip Presiden. Karena, kalo TUHAN setahu gue gak perlu minta restu siapa pun untuk ngelakuin hal-hal yang dia mau. He/She stands alone. If he/ She gives order... so be it!

Bedanya, sama presiden, dia mungkin terlihat berdiri sendiri. Cuma, sebenernya dia punya penyangga-penyangga yang nyaris invisible. Maksudnya, tanpa dukungan politik, dia gak
akan bisa ngelakuin apa yang dia mau, sekalipun dia presiden.  Boro-boro ngelakuin sesuatu, dia gak bakal JADI presiden kalo gak ada yang bikin dia jadi PRESIDEN.
Y' know What I mean?!?!"

Gitu juga sutradara. Sekenceng apa pun maunya dia, sepinter apapun dia,  segede apapun ego-nya, dia gak akan bisa ngelakuin apa yang dia mau kalo gak ada support dari produsernya. Ya kan?



 

2 comments:

ginatri noer said...

... dan dukungan penulis, para kru, pemain filmnya!

udah deh me, di Indonesia doang sutradara masih dimanja. Kalo di Hollywood mah Produser yang meraja.

biasalah me, omongan "gue adalah tuhan" biasanya dateng dari orang-orang yang gak PD. terlepas dia tetap berbakat atau nggak, dia tetap gak PD. Bluffing biar dipandang orang.

ginatri noer said...

contohnya ya TEMEN lo itu... HAHAHAHAHA!!!!