Saturday, February 23, 2008

Bajakan Ayat Ayat Cinta

Ola!

Sambil menunggu temen gue - yang 30 menit lalu nyuruh gue cepet-cepet ganti baju karena dia udah deket rumah gue, dan ternyata dia masih di rumah sampe detik ini - maka gue iseng-iseng buka-buka google buat tau komentar orang-orang tentang Ayat Ayat Cinta. Dari beberapa blog yang gue buka, beberapa orang bilang suka, dan ebebrapa lagi bilang gak suka sama filmnya. Ok. But that's not the problem. Masalahnya adalah banyak diantara mereka yang mengaku udah nonton filmnya, tapi gak di bioskop. Melainkan lewat sharing file atau lewat vcd bajakan. 

Ok (lagi), lagi- lagi itu bukan point utama keberatan gue.

Kenapa?

Gue ngerti banget di jaman yang serba digital gini amat sangat memungkinkan bagi orang untuk menyebarkan file2 digital secara bebas. Dan buat beberapa orang itu adalah tambang emas. Yup. Bajakan emang udah menjadi hal yang 'biasa' di jaman kayak gini.  Film Indonesia juga gak luput dari pembajakan ini.

Inget banget gimana terkejut & betenya gue waktu pertamakali nemuin DVD bajakan film Indonesia di deretan tukang jualan di stasiun kereta.  DVD yang gue temuin itu slaah satunya adalah DVD film JOmblo, yang gue ikutan bikin juga filmnya.

Sekarang ini, perasaan gue kurang lebih sama. Terkejut dan bete. Apalagi setelah tau kalo bajakannya itu adalah bajakan dari offline editing, dimana masih banyak banget bagian- bagian yang belum sempurna. Musiknya masih pake musik 'guide', suaranya belom di mixing, gambarnya masih belom OK, beberapa adegan aja belom di 'lock' penempatannya. Pokonya film itu belum jadi. Kalo kata Gina, sama aja lo ngasih liat bayi yang belum jadi dikandungan...

Urrrgh.. kesel banget gue. Apalagi ketika kemaren gue ngeliat sendiri tuh VCD di kantor barengan Gina, Mas Aris, Mas Hanung, Fajar dan beberapa anak dapur. Kesel. Sumpah. Kesel banget. Tega-teganya orang yang udah menyebarkan sebuah karya yang bahkan belum sempurna dan emang belum saatnya untuk ditunjukin ke masyarakat luas. Gak taukah dia apa yang udah dilaluin sama kita semua (cast&crew) untuk bikin film itu?

 It's just not Fair!

Keinginan gue sebagai filmmaker cuma satu, cuma pengen hasil kerja keras gue yang emang udah layak buat dikasih liat ke orang banyak, bisa dilihat dan diapresiasi sama orang. It's that too much?

 

5 comments:

JaGAD Midas said...

gw jd kesel jg nih, payah tu orang

Riri Jundarso said...

SETUJU!!! jangan sampe orang malah jadi salah paham, karena mereka gak tau yang ASELI-nya itu kayak apa!

- [akunamasao] - said...

mba ame' di mesir juga uda pada donlod tuh..
saya ikut priatin aja ..

kok tega²nya...
padahal kerja keras slama itu.. hu..hu..

lusi destiani said...

gini nih,,, negative nya kemajuan teknologi,,,,

ginatri noer said...

tuh kan... ngomel2 juga kan lo... Mending kayak gue me, kurang kerjaan marah2 di blog orang yang ngaku kalo dia nonton AAC bajakan. Hasilnya? semua comment jadi ngomelin dia... Hahaha!

Yang paling menyenangkan, banyak orang di jagad maya ini belain kita :)