Tuesday, August 12, 2008

biofuel

Selama ini saya salut dan iri apabila melihat perilaku dan  kebijakan lingkungan yang diterapkan oleh negara-negara di Eropa. Tapi, semua itu berubah setelah saya mengetahui lebih jelas bagaimana sebenarnya permasalahan lingkungan yang sekarang kita hadapi. Sambil menyantap sushi di Dimsum Kemang, seorang teman bercerita mengenai pengalamannya tinggal di salah satu negara maju di benua itu.

Sekarang ini, sebagian besar kendaraan yang mereka gunakan merupakan kendaraan dengan bahan bakar biofuel, yang menggunakan minyak olahan yang bukan berasal dari minyak bumi, melainkan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kelapa sawit.

Sepintas, memang tekhnologi ini terlihat sebagai sebuah ide yang brilian. Namun, apabila kita mencermati bagaimana minyak kelapa sawit ini mereka peroleh, orang normal manapun yang peduli dengan lingkungan dan tinggal di Indonesia pasti akan berpikir sebaliknya.

Yang ironis adalah, tekhnologi yang diniatkan sebagai penyelamat lingkungan ini, justru semakin merusak paru-paru dunia. Minyak olahan dari kelapa sawit yang mereka gunakan merupakan hasil dari perkebunan-perkebunan yang sebagian besar berada di wilayah teritori Indonesia. Perkebunan ini semakin meluas jumlahnya seiring dengan semakin besarnya permintaan dari negara-negara Eropa dan Amerika.  Dan karena terbatasnya lahan, maka hal yang dilakukan oleh para pengusaha kelapa sawit ini adalah dengan membabat hutan lindung.

Ya  no wonder lah kalo kemudian Indonesia masuk ke dalam urutan pertama negara di dunia  yang paling cepet ngebabat hutan... dodol...

 

4 comments:

Maddy Pertiwi said...

Dan mengalami krisis pangan di berbagai wilayah di indonesia,,,

ginatri noer said...

Hmm... Tugas mas Arya utk baca koran tiap minggu mulai nunjukin efek :p
Btw, si Obama sangat setuju ama bio fuel lho. Tp yg dr jagung.

amelya oktavia said...

ginatri.. plis deh.
*serius mode on
lo sadar gak sih beberapa tahun lagi.. siapa yang akan merasakan dampak global warming...?

Riri Jundarso said...

harusnya biofuel itu dari air.. biar gak abis2.. hehehehe..