Monday, August 18, 2008

takut global warming

Untuk mencapai kantor atau kampus, selain menggunakan transportasi umum, biasanya gue menggunakan sepeda motor matic. Suatu hari, gue terhenti di sebuah lampu merah di daerah pancoran. Tidak seperti biasanya, saat itu jalanan memang sedang lengang. jadi, yang berhenti pada saat lampu merah juga gak begitu padat. Gue terhenti di belakang jejeran sepeda motor, dan di apit oleh beberapa kendaraan roda 4. 

Beberapa detik berada di perhentian lampu merah itu, ternyata cukup membuat gue gerah. Udara di sekitar motor dan mobil itu sangat panas. Bahkan, gue rasakan  lebih panas dari teriknya matahari jakarta di musim kemarau, ketika jam 12 siang. 

Gue gak pernah menyadari bahwa udara di sekitar kendaraan bermotor itu sebegitu panasnya, hingga membuat gue merasa bersalah... Padahal, jumlah kendaraan pada waktu itu gak sebanyak hari-hari biasanya di jakarta. Dan itu, baru 1 lampu merah. Coba lo bayangkan ada berapa juta lampu merah di seluruh dunia.... Can you imagine how 'burned' is that?!?!!? Maka, seketika itu pula, gue mematikan mesin motor, hingga lampu kuning menyala...

Keesokan harinya, gue masih teringat rasa panas itu. Gue berusaha meneguhkan hati untuk gak lagi menggunakan kendaraan bermotor. Lebih baik gue menggunakan angkutan umum, atau sepeda seperti yang beberapa orang lakukan dengan kelompok bike to work-nya.

Sekarang ini, gue emang gak punya sepeda  yang layak buat dikendarai untuk menuju kantor. Yang ada malah sepeda punya abang gue yang bentuknya rada-rada aneh. Tau kan lo, sepeda-sepeda nyentik yang suka ada di video klip-video klip luar negri yang stangnya bulet dan aneh itu...? Tapi setelah gue pikir-pikir ga apa-apa juga sih dipake buat percobaan bike to work.

Maka, untuk menuju tempat meeting di Tornado Coffee, kemang, gue pun menggunakan sepeda itu. Dalam perjalanan, gue sukses mematahkan lampu dinamo sepeda nyentrik itu. huh. Dasar sepeda abal-abal. Masa baru dipake 1 kilo udah patah.. lol;p. Setelah mencomot lampu dinamo dan menaruhnya ke dalam ransel, gue kembali melanjutkan perjalanan. semuanya berjalan lancar dan menyenangkan, sebelum jalanan dekat Tornado Coffee tiba--tiba semakin meningggi. Sial. Tanjakan! ini yang paling gue takuti. Masalahnya, sepeda ini gak dirancang buat berjalan di atas tanjakan. Coba aja lo bayangin, di mana gue bisa bertumpu buat mengayuh sepeda dalam tanjakan kalo stangnya aja bulet macam harley davidson begini?!!? Geblek. Alhasil gue harus turun dari sepeda, dan mendorong sepeda iitu hingga jalanan kembali landai. Dan itu, my friend... CAPE' GILA....?!?!?!?!

Huh.

Sesampainya di Tornado Coffee, kaki ini terasa sangat kencang. Saking kencangnya, gue bahkan bisa merasakan tarikan otot kaki yang membuat gue terus berjalan muter-muter ruangan kafe karena sulit untuk duduk. 

Kayaknya gue lebih memilih naik angkutan kota aja deh kalo kaya' gini... 

24 comments:

Maddy Pertiwi said...

Panas banget kan Jakarta hehehe

sep[tiany] utami dewi said...

iyah, me...setuju! mari qta mulai gaya hidup go green
hidup angkutan umumlah...(krn gwe ngga bs naek speda..hehe..)
walopun msh belom memadai, tapi lumayanlah..drpd hrs berpanas2 n bermacet2 ria di jln....khan enak gwe tinggal tidur d jalan...hehehe...

amelya oktavia said...

yoi nih.. untungnya kantor gue sekarang dilewatin jalur busway, jadi tinggal ngesot aja dah nyampe rumah. adem, lagi.. heuehhe;p

nanie wardhani said...

me please deh, itu kan lo baru ptama kali naik sepeda dan sepeda lo juga ga mendukung untuk itu.. mending lo beli sepeda lipet yang minimal 3 speed deh, enteng dan klo lo cape, bisa lo lipet trus lo naik angkot lagi..

jangan patah semangat buat go green.. gw jg belum bener2 mulai b2w sih, gw mash prepare fisik gw dulu.. secara kan rumah gw dipinggiran ga di tengah kaya lo hehe, tapi gw niat banget mau b2w.. :D

ginatri noer said...

Dengan hire supir gue ikut mendukung gerakan go green... Hehehe. Gue bisa mati di jalan kalo naik sepeda di jakarta:
1. Gue gak gape naik sepeda. Di komplek aja gue bisa lupa gimana caranya ngerem. Hahaha.
2. Gue bengek... Hehehe.

Riri Jundarso said...

ah nih anak emang dasar..
btw me orang2 yang pada bike to work tuu..sepedanya bergigi, jadi bisa diatur2, tanjakkan, turunan, jalan berlubang dsb. dan denger2 harganya 20jutaan.. hehehe.. mau 'go green' kok mahal bener ya??

sep[tiany] utami dewi said...

huahahahha..ada2 aja loe, gin...

R.Dmaz Brodjonegoro said...

mayan tuh....kalo gw bike to work dari Kemayoran?? meninggal aja de mendingan...

amelya oktavia said...

Ginatri.... how in the world, menghire supir buat nyetir MOBIL bisa menyukseskan program GO GREEN?!?!? absurd.

amelya oktavia said...

Ada lo, yang rumahnya di bintaro naik sepeda ke Sudirman tiap hari..

Riri Jundarso said...

me, percuma ngomong sama gina..
dia udah nge-hire supir..
wakakakakakakak!

nanie wardhani said...

weks itu mah yang lebay bu!! yang dari 3 speed sampe 8 speed biasa aja (bukan sepeda lipat) yan harganya dibawah 2 juta itu udah bagus dan ringan, kalo sepeda lipat, yang bobotnya ringan dengan speed sgituan itu harga 4-8 juta udah okeh banget.. mau go green ga harus semahal itu kok, itu sih yang hobi pamer gengsi aja yang beli seharga itu hehehehe

gw aja dengan sepeda federal lama gw tinggal modal ga sampe sejuta udah bisa dipake b2w dan ringan.. tinggal latihan fisiknya aja yang harus bener-bener digenjot hehehehe

nanie wardhani said...

lebay lagi! ga ampe meninggal dim, buktinya yang b2w malah makin banyak sekarang.. jarak2nya juga sadis2.. gw yang bakal "cuma" 40 km bolak balik aja dianggap ga ada apa2nya sama mereka hahaha.. padahal gw naik sepeda 6km bolak balik aja udah pengen pingsan hihihihi

nanie wardhani said...

ayo2 bike to everywhere.. ga usah untuk ke kantor kalo belum sanggup, tapi yang penting kurangin banyaknya gas buang di bumi ini.. lumayan lho.. hemat bbm, ga polusi, sehat... ga ada negatifnya kan ngegowes.. ;)

[hahaha numpang kampanye b2w :p]

R.Dmaz Brodjonegoro said...

lumayan bengek juga

nanie wardhani said...

iyee.. itu tapi cuma berlaku di awal2 doang.. klo udah mingguan ga gitu lagi kali dim.. hehehehe

ginatri noer said...

Eh serius... I'm not a spoiled little brat ya... :(
Kalo gue gak hire supir otomatis gue dan aris bakal pake 2 kendaraan. Gue nyetir mobil dan aris naik taxi... Atau sebaliknya! Kan urusan gue berdua gak selalu sama tempatnya.

Btw, gue kagum ama Oksy (inget ga temen gue anak arkeolog?). Dia bike 2 campus. Jadi pas kuliah bolak balik jatibening-depok. Dan, alhamdulillah, belum meninggal ampe sekarang! Hahaha. Tapi efek ke badannya jadi keren gitu... Berotot yg seksi gitu lah. Huahaha.

Nah me, kalo mulai sekarang lo naik sepeda, badan lo bisa jadi versi mininya Heidi Klum...
*jadi bayangin Ame langsing... Mungkin gak ya? Mau buka taruhan? Hahaha :p*

sep[tiany] utami dewi said...

buseeeeeeeeeeeettttttttttttttt!!! hebaaaaaaaaaaaatttt!!

sep[tiany] utami dewi said...

nah..ditantangin gina tuh, me...
hehehehehe...

nanie wardhani said...

ayo gin.. buka taruhan.. hihihihi
ameee.. ayo naik sepeda ajaaa... temenin gw.. gwmau mulai pondok gede - kemang insyaAllah mulai bln depan.. :D

Riri Jundarso said...

yah permasalahannya adalah.. gue gak punya sepeda.. sepeda gue udah jebol karena mendaki gunung, melewati lembah, jatoh ke selokan dll.
jaman dulu mah hobi, tiap hari naek sepeda..

kenapa mobil hybrid gak buru2 disubsidi sih??? oya, kenapa juga pemerintah gak tanggap sama transportasi massal [kayak subway] di negeri ini, kalo transportasi massalnya ok kan orang2 bakal lebih milih untuk ninggalin mobil mereka..

Riri Maulidina said...

ga usah susah2 laaaahh...emang cuma transportasi doang? gak pake plastik dan dengan tidak merokok regularly maupun socially juga udah mengurangi asap! so, i'm in dooonggg dalam aksi go green..hahahahaaha

amelya oktavia said...

*seperti lagi membaca majalah*

hauahahaha;p

amelya oktavia said...

pembelaan orang males... lol;p