Thursday, September 04, 2008

The Kite Runner

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
"Have I ever lied to you?"

"How should I Know?"

"I'd rather eat dirt"

"Would you really do that?"

"Do What?"

"Eat Dirt if I Told you to"

"If you asked, I would..."

Cerita berawal dari kemunculan sebuah layang-layang yang kemudian menjadi simbol persahabatan Amir dan Hasan. Dua orang anak yang tinggal dalam sebuah rumah yang sama di Kabul, Afghanistan 1978.

Satu-satunya perbedaan diantara keduanya adalah stasus sosial. Amir adalah anak si pemilik rumah dimana ayah Hasan bekerja. Sehingga, kemanapun Amir pergi, Hasan pasti selalu menemani. Membantu dan melindungi majikan sekaligus sahabatnya ini, ketika ia harus mengejar layangan yang putus, atau ketika mereka dihadang oleh 3 orang anak berandalan seusai menonton Steve McQueen di bioskop kota Kabul.

Masalah muncul ketika satu dari 3 orang berandalan itu kemudian mengeroyok dan menyodomi Hassan yang berusaha melindungi layang-layang hasil kemenangan Amir. Amir yang menyaksikan sahabatnya disodomi dari kejauhan, shock dan tidak dapat berbuat apa-apa. Dia berlari. menjauh dari tempat tersebut, sambil memendam rasa bersalahnya kepada Hassan.

Berbagai cara dilakukan Amir untuk menghapus rasa bersalahnya itu. Termasuk menuduh Hasan mencuri jam tangan baru pemberian ayahnya hingga akhirnya, Hasan dan ayahnya berhenti bekerja dan pergi dari rumah Amir.

Beberapa lama setelahnya, pasukan Rusia datang menginvansi Afghanistan. Amir dan Ayahnya kemudian mengungsi ke Amerika.

27 tahun setelahnya, Amir mendapat telfon dari seorang kerabat dekat ayahnya yang kini tinggal di Pakistan. Saat itulah Amir mengetahui bahwa sahabatnya, Hasan, yang tewas di tangan pasukan Taliban, ternyata adalah adiknya. Ia meninggalkan seorang anak lelaki yang kini masih berada di Afghanistan.

Usaha pencarian anak Hasan pun dilakukan Amir, untuk membalas kesetian dan jasa-jasa Hassan yang dulu pernah menjadi pelindungnya....


Sebuah film yang menceritakan tentang persahabatan, loyalitas dan tragedi. Dengan materi cerita dan pemain yang bagus, film ini berhasil menguras emosi saya sejak awal, hingga akhir. Really good one. Check it!

3 comments:

ginatri noer said...

SPOILER! aargh..

amelya oktavia said...

hauahahha.. lol;p
This is my blog, im free to write whatever i want, okay!?! lol;p

ginatri noer said...

Kucing lo!