Tuesday, May 19, 2009

how inspiring...

Ola Blog!


Bukannya gak kreatif ato apa nih... But I really need to share it with you, blog. Ya gak ke elo juga sih..  To myself in the future actually... 


Baru aja gue buka mailing list indobackpackers. Berbeda dari biasanya yang isinya tentang petunjuk dan tips2 perjalanan, kali ini ada beberapa postingan yang cukup menarik buat disimak. Semua diawali oleh sebuah postingan dari seorang bernama Tata. Check this out:



Pada 17 Mei 2009 22:26, <conaneinn@yahoo. com> menulis:

> Hai teman-teman Indobackpackers,
> Kenalin nama saya Tata. Baru-baru ini terdaftar jadi anggota milis
> indobackpackers walaupun pasif, cuma seneng baca2 aja. Belum bisa kasih
> komentar atau sharing pengalaman.
> Terus terang ngirrriiiii banget liat pengalaman temen-temen jalan
> backpacking keliling2 dunia. Dan ada beberapa kalian yang seriiiing banget
> bepergian.
> Saya mau tanya pertanyaan konyol nih, dan mungkin rada pribadi? Jangan
> diketawain ya? :D semoga gak kena banned :)
> Saya pengen tau, kerjaan teman2 apa aja sih, kok bisa dapet kesempatan
> jalan-jalan, sering pula. Hehehe.. siapa tau saya jadi berniat
> 'bantingsetir' . Soalnya selama ini saya kerja dibalik mejaaaa terus,
> berkutat sama komputer.
> Terimakasih ya buat teman-teman yang bersedia menjawab pertanyaan saya.
>
>
> Rgds,
>
> -tata-



Pertanyaan bodoh Tata tadi, kemudian ditimpali oleh beberapa orang. Yah, gak bisa gue tulisin semua sih di sini.. cuma gue akan nampilin beberapa yang paling menarik perhatian gue. Ada perempuan yang udah married dan punya anak, tapi tetep punya waktu buat backpacking, ada juga yang modal nekad tapi toh bisa jalan-jalan... Huehehe. Here we go:


Mon May 18, 2009 9:26 pm (PDT)

Ah, jadi makin seru nih diskusinya. Saya setuju dengan bbrp teman yang sudah share sebelumnya: bahwa jenis kerjaan, besarnya gaji, waktu yg fleksible dll bukan satu-satunya faktor yg membawa seseorang bisa bepergian... Cerita teman2 di sini sangat-sangat inspiring, dan membuatku makin bersemangat. . 

Ikut share ya. Saya adalah seorang ibu dengan putri berumur 10 tahun. Bagi banyak org status ini pasti akan menghalangi seseorang utk travelling apalagi backpacking gila2an... Iya dong? Seorang ibu dan seorang istri yang pastinya terikat waktu karena statusnya itu. Apalagi dia juga bekerja dari senin sampai jumat, dari jam 9 sd jam 5 sore... 

Tapi ternyataaaaaa. ..... Saya masih punya banyak kesempatan utk travelling. Suami saya bilang, " I know, travelling is your passion. We will let you go". Kepercayaan itu membuat saya bisa pergi, tentu dengan segenggam tanggung jawab yg saya pegang teguh. 

Prinsipnya adalah menagement waktu. Lakukan tugas kita sebagai pekerja dan anggota keluarga dengan baik, lalu atur waktu utk diri sendiri. Kalau kita hobby traveling, maka jadikan itu rencana yang ckp matang. Kalau dalam kasus saya, saya akan diskusikan ini dengan keluarga, dengan menghitung resiko dan hal2 lain yang hrs dipersiapkan atau digantikan. Kalau misalnya, setiap malam menemani anak belajar, maka harus ditemukan alternatif penggantinya sebelum kita berangkat. Apakah minta tlg si ayah atau dg cara lain. Saya pernah 'menemani belajar anak' melalui YM karena saya waktu itu sedang di seberang pulau dn dia membutuhkan saya... 

Jadi tak ada yg tak mungkin jika kita punya tekad. 

Pekerjaan juga bukan halangan utk traveling. Dulu saya adalah wartawan yang kerap ditugaskan ke berbagai daerah. Kemanapun saya ditugaskan saya pasti gembira dan berusaha mencari waktu utk melihat sekeliling. Ketika kemudian pindah kerjaan yang juga mengharuskan byk perjalanan dinas saya juga sangat menikmatinya. Padahal, kdg tugas itu mengharuskan saya hanya berkutet di hotel utk workshop seharian yang sangat membosankan. Sementara jatah dari kantor waktunya mepet. Maka utk menikmatinya saya akan curi2 waktu utk berkeliling, misalnya selepas subuh hingga waktu workshop di mulai. Kadang hanya 3 jam, tp itu lumayan loh utk mengenal kota ybs. Jadi musti pintar2 cari peluang utk eksplore... Yang penting kita enggak korupsi waktu ataupun uang kantor kan...

Sekarang dengan kerjaan di belakang meja, strategi saya berubah. Kalau dulu hampir tiap bln ada field trip, sekarang paling 3 bln sekali, maka rencana travelling hrs disusun lbh rapi. Rajin2 mantengi tiket promo, baca milis IP, lihat2 agenda menarik, dan coret2 rencana... 

Kalau berhasil dpt tiket promo (bahkan yg free seat), ada temen buat numpang nginep atau dapat rekomen penginapan murah, siap makan apa adanya, enggak tergoda utk belanja yg aneh-aneh, travelling bukanlah mimpi. Kadang sama aja kok biayanya dengan kita mudik pas lebaran hehe...

Begitu mbak tata...
Jangan ragu utk menggapai impianmu melihat dunia..

Salam, 

AD


Mon May 18, 2009 6:50 pm (PDT)

He he, saya mau cerita juga dikit ah...untuk menjawab pertanyaan tata.
Namaku Fajar. Aku emang hoby banget jalan-jalan. Dan bener yg temen2 bilang, hoby jalan2 gk bisa ditentuin dari banyaknya duit, apalagi kerjaan. Soalnya diriku ini, jangankan ada kerjaan, gk ada kerjaan pun tetep hobi jalan-jalan. Aku malah gk punya pekerjaan tetap. Kalau ada teman yang butuh bantuan riset, survey, ya aku kerja. Tapi klo gk y nganggur. Bahkan, sempet aku nganggur, tp kebelet pengin jalan-jalan ke daerah eksotis di NTT, aku jual motorku satu-satunya. Bayangin deh  :) Tapi alhamdulillah, akhirnya bisa beli lagi setelah ada kerjaan. 

Dulu aku juga gk bisa bayangin bisa jalan-jalan ke luar negeri. Tapi karena aku selalu bercita-cita untuk bisa
jalan2 ke LN, maka waktu ada sedikit rejeki, saya bikin paspor. Waktu ditanya, mau kemana, aku jawab aja blom tau. Pokoknya yang penting bikin dulu. hingga akhirnya, karena udah punya paspor, jadi terpikir pengin kemana? jadilah pasporku bermanfaat waktu aku ke luar negeri.

Ada pepatah yang selalu saya pegang : 

"Beda antara cita-cita dan Mimpi adalah dalam pelaksanaannya. Klo kita cuma ingin bermimpi jalan-jalan, tinggal pejamkan mata,pasti sampai. Tapi klo kita punya cita-cita akan jalan-jalan, kita akan berusaha menabung, berpikir dan membuat rencana."

Regards,

Fajar



Hiah.. suka banget gue kalimat terakhirnya, blog! Mantebh ya?

So.. kapan lagi nih kita jalan-jalan??? Hahahaha

6 comments:

ginatri noer said...

LIVE YOUR PASSION!!!! thanks me... inspiring buangeeeeetttt :)

Riri Jundarso said...

manstaaaaaaab!!!
ayok me, mau kemana kita abis skripsi dan tka keparat ini????

amelya oktavia said...

ke....rja..... ahahhaha;p

ginatri noer said...

hahahaha... dasar Liz Lemon :p

sep[tiany] utami dewi said...

wuih mantabh!!! inspiring beneuur nih, me...
ikutan dong kalo jalan2...:-)

sep[tiany] utami dewi said...

wuih mantabh!!! inspiring beneuur nih, me...
ikutan dong kalo jalan2...:-)