Sunday, March 22, 2009

sightseeing: batik

Ola blog!

Remember mas Budi? Itu loh, orang Jogja yang baiiiik banget sama gue waktu gue ke Jogja tahun lalu, yang sempet gue certain juga di sini? Nah, sabtu kemaren dia ngasih tau kalo dia lagi di Jakarta karena lagi ada pameran Indonesian craft di Senayan. Maka, hari ini gue memutuskan untuk pergi ke JCC buat ketemu dan berterimakasih atas kebaikan dia selama gue di Jogja waktu itu. Berhubung hari Minggu dan pamerannya adalah pameran kerajinan tangan Indonesia, jadi gue juga mengikutsertakan nyokap dalam jalan-jalan gue kali ini.

 

Setibanya di sana, ada hal yang cukup menarik perhatian gue dan nyokap. Mesin tenun & kain tenun asal Jepara yang bagus banget dan harganya hmm.. lumayan murah, mengingat bikinnya kayaknya ribet banget gitu. Setelah kita melangkah lebih ke dalam lagi, gue juga semakin dikejutkan dengan batik-batik dari berbagai daerah di negri ini yang ternyata…. BAGUS bangeeet! Hahahha..;p Yah, maklum aja gue bukan pemerhati batik, jadi jejeran batik yang keren-keren ini pun nampak begitu memukau buat gue.

 

Dari semua batik yang ada, favorit gue adalah batik madura yang motifnya cantik-cantik banget. Apalagi yang motif burung merak dan berwarna krem. Mantabh lah pokoknya. Hampir aja gue beli, kalo aja gue lagi ngantongin duit 2,5 juta pada saat itu. Hahahaha;p  Yep. Batik madura ini emang bener-bener bikin gue terpana dan gak henti-hentinya memandang. Hehehee…. Sebenernya ada banyak batik yang lebih juta-jutaan harganya dan punya efek ‘memukau’ di mata gue, but this one is the best. Ada juga nih blog, batik mataram yang juga keren. Warnanya gelap, tapi kelihatan glamour banget dan sedikit mistis. Mantabh lah pokoknya. Sayangnya tadi gue ambil fotonya pake kamera hp  jadi gak begitu jelas. Jadi gak usah gue tampilin di sini kali ya…

 

Tadi juga gue sempet nyobain ngebatik di selembar kain kecil yang disediain di salah satu stand. Ternyata gak mudah juga buat bikin gambar di atas sehelai kain. Perlu kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Megang cantingnya juga gak bisa sembarangan. Ada tekhniknya biar tinta yang keluar menghasilkan warna dan gambar yang sempurna di kain. Hehehe.. lumayan juga buat menghabiskan waktu luang. Mungkin nanti gue akan ngambil kursus membatik. hehehe, seru soalnya.



Begitu banyak stand yang nampilin koleksi batik dari berbagai tempat yang keren-keren banget yang bikin gue sama nyokap ngabisin waktu sekiar 5 jam buat sekedar liat—liat (tapi gak beli) kain batik yang harganya muahal-muahal tadi. Hehehee.. Yah, itung2 cuci mata dan ngumpulin referensi kain buat seragam kawinan abang gue.

 

Dari jalan-jalan tadi, gue jadi sadar kalo ternyata Indonesia itu punya sense of art yang sangat tinggi. Kalo orang Eropa jago melukis di dinding-dinding gedung, orang Indonesia juga jago melukis di pakaian yang mereka pake.  Jadi salah banget tuh kalo ada orang yang bilang kalo bangsa Indonesia itu payah dan gak punya sense of art…

 Yep! Proud to be Indonesian, proud to have batik in our herritage … 

4 comments:

rama rame said...

yup....gw mengalami hal yang sama dengan batik Madura....satu lagi mel kelebihannya...warna yg dipake, bikin beda sama batik-batik Indonesia pada umumnya.

kekurangannya yaaa...itu, harganya yang mahal, tp 'worth it' lah dengan hasilnya...bagus bangettttttt.....:D

ps: klo beli langsung di Madura, harganya gak segitu mahalnya kok.....hihiihihi, tp kesananya yang mahal...:)

sep[tiany] utami dewi said...

iyah...asal jgn lupa aja dipatenin batiknya...
jgn sampai batik madura yg memukau atau batik mataram yg cantik2 itu diklaim lagi sm negara tetangga kita..huh...

amelya oktavia said...

yoi, mahal banget deh. tapi emang bagus sih... kemaren aja ada orang yang langsung beli banyak g.. heuehe.. jadi pengen beli banyak juga... huhuhu*.*'

amelya oktavia said...

iya tuh sep. setuju. sayang banget kalo sampe ada yang ngaku2...