Monday, April 13, 2009

travel blog: Ujung Kulon part I

Ola blog!

 

Wuah, kangen banget gue. Dah beberapa hari ini gue gak nulis-nulis di sini. Hehe.. kalo aja di hutan ada koneksi internet, mungkin gue dah bikin laporan langsung dari sana, blog. As you already know, long weekend kemaren gue & 9 orang lainnya bertualang ke taman nasinal ujung kulon yang jauuuh.. banget itu. So, here’s the complete story:

 

The plan

Karena kepikiran mulu sama taman nasinal ujung kulon, gue pun mengirim message di milis Indonesian backpakers yang isinya bertanya sama orang-orang, kalo-kalo mereka pada punya rencana buat jalan ke sana, dan gue bisa jb-an (join bareng).

 

Beberapa hari kemudian, gue dapet email yang isinya itienary buat jalan ke sana dari seseorang. Karena muahaaal banget, yaitu sekitar Rp.900,000-an maka gue pun gak jadi ikut. Sealin itu ada juga invitation dari temen gue via facebook yang ngajakin ngikut rombongannya mereka. Lumayan murah biayanya 370.000an sama 450.000-an. Tapi, karena terlalau banayak orang yang ikut, gue jadi males. Huehehe.. jadi kaya study tour dong. Males ah…

 

Sampe sesorang bernama Anto menegur gue di yahoo messenger dan nanya kalo-kalo gue jadi pergi ato enggak ke ujungkulon. Nah, setelah ngobrol-ngobrol beberapa kali lewat ym, akhirnya kita memutuskan untuk berangkat sendiri dan mengatur waktu buat  ketemuan buat bikin plan perjalanan.

 

Hari jumat, tgl 3 kita kahirnya ketemuan di McD Sarinah. Disana ada gue ketemu smaa Anto & Yudi. Dari hasil ketemuan tadi, kita mutusin buat ngeteng aja naek bus ato kereta api, dan mencari 7 orang lagi biar patungannya lebih ringan. Maka, besoknya, karena si Anto sakit maka gue pun ngirimin email lagi ke milis IBP yang isinya mengajak beberpa orang buat join sama kita.

 

Banyak banget balesan email yang gue terima, tapi akhirnya kita berhasil  ngumpulin total 10 orang yang ikutan yaitu:

·     Gue (skripsi survivors)

·     Anto (communication provider)

·     Yudi (temen kost-an si Anto)

·     Galuh (temen sebangku gue waktu SMA),

·     Tyo (ade’nya Galuh)

·     Ias (pegawai administrasi)

·     Wiedhi (pegawai tripatra)

·     Benny & Lisa (penganten baru 1 tahun.. cieeh)

·     Neng entien (researcher)

 

Setelah pada konfirm ikutan, hari selasanya, kita ketemuan lagi di dunkin donuts plaza semanggi. Dari ketemuan tadi, kita memutuskan buat berangkat malam hari tanggal 9 biar bisa ngikut pemilu dulu, dan memfixkan rencana buat ngeteng alias naek bus dari terminal kalideres, terus naek elf dari terminal labuan menuju tamanjaya tempat pak komar (guide sekaligus agen kapal) buat nyebarang ke pulau peucang (gate masuk taman nasional ujung kulon). Namun, karena longweekend jadinya kita gak dapet kamar di peucang. Alhasil, kita harus bawa tenda buat camping..

 

Satu hari sebelum keberangkatan, ternyata tenda yang ada hanya 2 buah. Maka, gue pun segera nagsih tau orang-orang via email & sms kalo kita butuh 1 tenda lagi. Besoknya, ternyata Wiedhi bisa bawa tenda (biarpun katanya warna warni & minjem ke temen ade’nya), sementara pasanagn baru si Benny & Lisa pun membeli tenda baru untuk dua orang. Hueheh… Kita nyebutnya tenda pasangan baru. Ehm.. Huahahaha

 

Berangkuuuut!

Tanggal 9 Sore, gue menuju rumah Galuh buat barengan ke Kalideres. Setelah sempet nyasar dan ngetok-ngetok rumah kosong, gue akhirnya menemukan rumah Galuh yang sebenarnya. Hiahaha. Maklum, si galuh baru pindah rumah ternyata… Hehehe… jam setengah 7 kita berangkat menuju terminal Kalideres dianternya sama supirnya Galuh.

 

Jam 7 lebih dikit, gue, Galuh, Tyo nyampe di bawah billboard Luna Maya, spot janjian kita. Gak lama, si ias, Benny & Lisa yang udah nyampe duluan dan nunggu di dalem terminal segera bergabung. Disusul Wiedhi yang berangkat dari matraman, trus si neng entien & anto yang barengan berangkat dari Depok. 


Yah, tinggal si Yudi yang belom dateng nih. Sementara, bus terakhir menuju labuan pun udah nungguin kita naek, sambil si kenek ma supirnya bolak balik nyamperin kita dan naya hal yang sama: “udah kumpul semua, belom?” dan kita jawab “bentar lagi, kang. Tunggu ya…” Huehehee…


Akhirnya, jam 8-an si Yudi pun tiba. Dan kita segera naek ke dalam bus labuan-kali deres terakhir yang dari tadi dah menunggu. Menurut anjuran kang kenek,kita disuruh duduk di bagian belakang karena bawaan kita bejibun. Katanya biar gampang, solanya kata si akang, di jalan nanti bakal banyak banget penumpang yang naek. Yep. Ya suds kalo gitu. Kita memenuhi sektor belakang bus.

 

Jam 20.19 bus pun berangkat dari terminal Kalideres. Begitu keluar, kita pun dikenakan “terminal tax” dari salah satu petugas terminal yang make baju dinas perhubungan sebesar Rp.500/ orang. Huahahaha.. gile, kirain airport doang yang ada taxnya. Dasar, Indonesia!

 

Dalam perjalanan bus yang tadinya kosong pun tanpa terasa penuh sesak oleh penumpang yang naek dari sepanjang perjalanan. Dan sempet nih, di kota Serang ni Bus berenti cukup lama nungguin penumpang naek. Huah! Berasa kaya sauna dah ni bus. Fiiuh… gue dan Galuh pun segera nglier tiap kali ada bus ber-AC lewat.. Tapi apa daya… bus-bus AC itu gak adfa yang menuju Labuan. Huahaha. Ya udah deh. Kita pasrah aja. Termasuk ketika seorang yang mirip ‘zombie’ duduk di samping gue dan Galuh… Huu.. pasrah.. Hahahaha… nasib.. nasib… 


Dan, jam 24.10 bus pun tiba di terminal Labuan. Hah? Terminal nih?? Hehehehe.. kita sempet heran karena ternyata tuh terminal Gelaaaap.. banget dan gak ada satu-pun angkutan umum yang bertengger di sana. Hauahhaha.. terminal yang aneh…


Namun, di depan terminal itu kita melihat sebuah warung yang ternyata warung nasi uduk. Nah, sambil menunggu elf yang kita carter dan ternyata mengalami pecah ban dalam perjalanan menjemput kita, maka kita pun nongkrong di warung nasi uduk itu.

 

Tak diduga, ternyata warung nasi uduk yang kita tongkrongin tadi merupakan warung nasi uduk yang paling ‘happening’ di Labuan. Bukanya 24 jam, dan selalu dipenuhi pengunjung. Ada, aja orang yang dateng dan emang gak pernah sepi. Dan emang enak sih ansi uduknya. Selalu hangat, karena tiap jam si ibu selalu bikin ansi uduk baru, karena cepet banget abisnya. Disamping, di warung ini radionya nyetel lagu Jason Mraz. Hauahhaa. Manstabh!

 

Lama.. banget kita nungguin. Sampe akhirnya jam 02.53 pagi si elf baru nongol. Hua! Finally! Setelah si kenek naekin barang-barang kita ke atapa dan diiket, elf ini pun segera berangkat.

 

Perjalanan dari Labuan menuju Taman Jaya ternyata Jauuuuuuuh.. banget. Udah gitu, jalanannya rusak banget. Apalagi jalanan dari desa sumur sampai Taman Jaya. Beeeuuh!!! Mantabh rusaknya. Dah mana pintunya gak ditutup lagi, karena buat naro dirigen solar. Alhasil, gue yang duduk pas di samping pintu gak bisa menghindari hembusan kencang angin malam. Waduh.. masuk angin deh nih.. hauahhaa. Selain itu gue juga gak bisa tidur. Gila’. Ngeri aja kalo gue tidur, terus tanpa sadar badan gue terlempar keluar angkot. Hauahhaa. Repot kan? Sampe-sam[pe si Galuh yang lagi tidurpun tiap merasakan guncangan akibat jalan rusak, selalu terbangun buat megangin gue. Jaga-jaga aja, kalo temen sebangkunya ini menghilang tiba-tiba. Hauahaha.. padahal dia juga berkali-kali kejedod tiang pegangan di samping kaca gara-gara jalannya yang “BAGUS” banget ini. Hauahhahaha;p

 

Namun, setelah “the long and bumpy road” tadi, jam 07.10 pagi kita pun akhirnya tiba di penginapan Sunda Jaya milik Pak Komar yang berada di desa Taman Jaya. Wuah. Akhirnya!!!

 

Buat informasi, Pak Komar ini udah terkenal seantero milis. Maklum, rata-rata orang yang mau pergi ke ujung kulon, pasti selalu mengkontak pak komar ini. Begitu kita sampe, kita segera disuguhi makan pagi. Nasi uduk dalam daun pisang dan the manis hangat. Mantabh!

 

Setelah makan dan mandi, ternyata kita gak bisa langsung ebrangkat. Karena kapal terbatas, maka tterpaksa kita harus digabung sama rombingan facebook yang gue certain di atas. Namun, pak kOmar bilang rombongan itu adalah rombongan dari Ui. Hmm.. Oke.. UI ya.. hauahaha!?!

 

Ya suds, kita terpaksa menunggu mereka. Cukup lama. 4 jam! Gile. Manteb gak tuh. Nungguin anak-anak UI 4 jam. Gembel! Ahahaha. Dalam hati gue agak kesel juga, sama ni anak-anak UI. Gimana sih!?!!? Padahal kan setau gue mereka janjian berangkat jam setengah 9 malem naek bus carteran. Yang berarti gak jauh beda sama jadwal keberangkatan gue ma anak-naka yang naek bus umum. Jadi, logically, seharusnya mereka bisa nyampe duluan ke sini. Karena, kalo diitung-itung, perjalanan normal dengan kendaraan pribadi Jakarta-Taman Jaya itu  cuma 6/7 jam-an. Huu.. payah!

 

Ya udah sambil menunggu waktu, kita pun tidur-tiduran sambil ngobrolin zaman penjajahan Belada di Banten,  di sebuh gubuk depan penginapan pak komar yang kita namain “gubuk derita”. Dodol!

 

Akhirnya, pukul 11.30 kita berangkat menuju peucang dengan kapal yang juga dipenuhi oleh rombongan “anak UI” tadi. Hmm… selama perjalanan juga ternyata rombongan ini menguasai tempat. Di bawah pada tidur, sementara temen-temen gue harus rela panas-panasan & berbagi tempat buat mereka tidur. Belom lagi penumpang si atas yang gedabrukan gak jelas. Huah! Sabar.. Sabar….

Karena kapal penuh, dan gelombang yang lumayan kenceng maka kita baru bisa merapat di Peucang jam 15.00. Wuah! Keren juga nih pulau. Pasir putih dan aiir yang bening. Wii.. mantabh! Gue pun segera menuju bibir pantai dan nyebur! Hauahaha… mantabh lah! Setelah nyebur dan berfoto,  gue dan anto menuju kantor taman nasional buat mendaftarkan diri dan bayar izin buat mendirikan tenda...


to be continued...

7 comments:

Riri Jundarso said...

skripsi survivor ya me? are you sure about that?? hahahahahahahahaha!

amelya oktavia said...

ahahahaha..

Riri Jundarso said...

ayo kamu bisa.. kapan yuk ngerjain bareng.. abis tgl 26 ya bok..

ginatri noer said...

sipp! tgl 26 it is!!!! btw, perjalanan yg keren!!!! :)

amelya oktavia said...

apa maksudnya perjalanan yang keren??? hahaha... padanan kata yang aneh...

ginatri noer said...

it's a cool journey. tuh gue bahasa inggris-in! gak aneh2 bgt kan? :)) emang keren, kayak film. dikit lg kayak into the wild... hahaha :p

arietta ohmar said...

uwaaah, pengeeen >.< bisa minta info penginapan di peucang nya ga sih? mo booking dulu gt.. abisnya ini anak perantauan semua. ga da yg punya tenda :D